Metode Penugasan Siswa
Diposting oleh
Unknown
di
08.50
Metode Penugasan Siswa
Metode
Penugasan / pemberian tugas adalah cara dalam proses belajar mengajar
dengan jalan memberi tugas
kepada siswa. Tugas-tugas itu dapat berupa
mengikhtisarkan karangan, (dari surat kabar,
majalah atau buku bacaan) membuat kliping,
mengumpulkan gambar, perangko, dan dapat pula menyusun karangan.
Metode pemberian tugas,
dianjurkan antara lain untuk
mendukung metode ceramah, inkuiri, VCT.
Penggunaan metode ini memerlukan pemberian tugas dengan baik, baik
ruang lingkup maupun bahannya.
Pelaksanaannya dapat diberikan secara individual maupun kelompok.
Dalam
proses pembelajaran, siswa hendaknya
didorong untuk melakukan kegiatan
yang dapat menumbuhkan proses kegiatan kreatif. Oleh
karena itu metode pemberian tugas dapat
dipergunakan untuk mendukung metode
pembelajaran yang lain.
Penggunaan
metode pemberian tugas bertujuan:
1.
menumbuhkan proses pembelajaran yang eksploratif
2.
mendorong perilaku kreatif
3.
membiasakan berpikir komprehensif
4.
memupuk kemandirian dalam proses pembelajaran
Metode
pemberian tugas yang digunakan secara tepat dan terencana dapat bermanfaat
untuk:
1.
menumbuhkan kebiasaan belajar secara mandiri
dalam lingkungan bersama (kolektif) maupun sendiri
2.
melatih cara
mencari informasi secara langsung dari sumber
belajar yang terdapat di
lingkungan sekolah, rumah dan masyarakat
3.
menumbuhkan suasana
pembelajaran yang menggairahkan (rekreatif)
Kelebihan
metode penugasan adalah:
o
Hasil pelajaran lebih tahan lama dan membekas
dalam ingatan siswa.
o
Siswa belajar dan mengembangkan inisiatif dan
sikap mandiri.
o
Memberikan kebiasaan untuk disiplin dan giat
belajar.
o
Dapat mempraktekkan hasil-hasil teori dalam
kehidupan yang nyata.
o
Dapat memperdalam pengetahuan siswa dalam
spesialisasi tertentu.
Kekurangan
metode penugasan adalah:
o
Siswa dapat melalukan penipuan terhadap tugas
yang diberikan (Dikerjakan oleh orang lain atau menjiplak karya orang lain).
o
Bila tugas diberikan terlalu banyak, maka siswa
dapat mengalami kejenuhan sehingga mengganggu ketenangan batin siswa.
o
Sulit memberikan tugas yang dapat memenuhi sifat
perbedaan individunya dan minat dari masing-masing siswa.
o
Pemberian tugas cenderung memakan waktu da
tenaga serta biaya yangcukup berarti.
Oleh karena
itu, metode penugasan tidak lepas dari kekurangan dan kelemahan. Maka guru
perlu memperhatikan saran-saran pelaksanaan, sebagai berikut:
o
Merencanakan pemberian tugas secara matang.
o
Tugas yang diberikan hendaknya didasarkan pada
minat dan kemampuan siswa.
o
Tugas yang diberikan berkaitan dengan materi
pelajaran yang telah diberikan.
o
Jenis tugas yang diberikan hendaknya telah
dimengerti betul oleh siswa agar tugas dapat dilaksanakan dengan baik.
o
Jika tugas yang diberikan bersifat tugas
kelompok, maka pembagian tugas (materi tugas) harus diarahkan, termasuk
batas waktu penyelesaiannya.
o
Guru dapat membantu menyediakan alat dan sarana
yang diperlukan dalam pemberian tugas.
o
Tugas yang diberikan dapat merangsang perhatian
siswa dan realistis.
Hasil tugas siswa dinilai oleh guru.
0 komentar: